Cara Mengatasi HP Android Bootloop

Cara Mengatasi HP Android Bootloop Xiaomi Samsung Oppo Motorola Mati Total tidak bisa masuk recovery mode. Bootloop sering terjadi pada berbagai jenis HP Android. Meski Ponsel memiliki spesifikasi tinggi, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk bootloop. Ada banyak kemungkinan penyebab boot loop. Misalnya, proses rooting yang salah, kegagalan upgrade OS, kerusakan custom ROM, dan sebagainya. Masalah yang  terkait dengan kegagalan flash firmware  juga dapat menjadi penyebabnya.

Boot loop Android sendiri dapat dibagi menjadi tiga jenis. Artinya, boot loop ringan, sedang, keras. Setiap jenis boot loop membutuhkan triknya sendiri. Persamaan sedang dalam proses perbaikan dan perlu masuk ke mode pemulihan. Mode pemulihan memudahkan untuk melakukan perbaikan. Ini dapat dilakukan terlepas dari mode pemulihan. Namun, jika Anda ingin mem-flash firmware, Anda dapat menghubungi pusat layanan untuk mendapatkan pengaturan yang sesuai. Di bawah ini adalah ulasan lengkapnya tentang tips mengatasi boot loop dengan cepat di ponsel Android Anda.

Cara Mudah atasi boot loop di Hp Android

  1. Bersihkan cache sistem

Anda harus masuk ke  mode pemulihan untuk  menghapus cache sistem. Setiap jenis ponsel berbeda untuk masuk ke mode ini. Namun, dalam kebanyakan kasus, gunakan tombol daya dan tombol volume turun secara bersamaan dan tunggu beberapa saat hingga logo ponsel muncul. Lepaskan kedua tombol dan pilih mode pemulihan. Tekan menu Advanced dan pilih WipeDalvickCache. Ketuk Mount & Storage, lalu ketuk Wipe / Cache.  Matikan telepon lalu hidupkan kembali.

  1. Bersihkan partisi cache

Bersihkan partisi cache. Ini memungkinkan Anda untuk menghapus file cache di  partisi penyimpanan. Seperti cara pertama, masuk ke menu recovery mode. Kemudian pilih opsi Wipe Cache Partition. Ketika pop-up konfirmasi muncul, Anda dapat mengklik tombol Yes. Kemudian klik opsi Selesai. Partisi cache biasanya dihapus untuk mengatasi jenis loop boot menengah.

  1. Hapus Data / Reset Pabrik

Untuk jenis bootloop yang ketat, reset pabrik mungkin menjadi solusinya. Untuk melakukan ini, Anda dapat masuk ke mode pemulihan seperti pada poin 1 dan 2. Kemudian tekan opsi menu Backup and Restore. Klik Opsi Cadangan. Anda dapat memilih untuk menghapus data / reset pabrik. Klik Ya saat Anda menerima pemberitahuan. Kemudian tekan Finish untuk menghidupkan smartphone Anda seperti biasa.

  1. Flash / instalasi firmware

Pastikan Anda sudah memiliki stock ROM atau firmware sebelum melakukan flashing atau install firmware. Anda dapat mencari firmware  di Google berdasarkan jenis ponsel cerdas. Masukkan kata sandi firmware dan jenis ponsel cerdas. Anda dapat menjalankan flash ini secara langsung melalui kartu SD, Flash Tool, PC, atau Via Odin. Jika Anda memiliki masalah dengan berkedip, Anda dapat menghubungi pusat layanan untuk mendapatkan bantuan.

Biasanya, Android akan kembali normal ketika mencapai tahap reset pabrik. Namun, jika Anda masih mendapatkan kesalahan, Anda dapat membawanya langsung  ke service center. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment