Cara Mengatasi HP Lama Penuh Saat di Cas

Cara Mengatasi HP Lama Penuh Saat di Cas dengan Aktivasi Fast Charging – Charging yang melambat tentu sangat mengganggu operasional smartphone. Memang saat ini sudah banyak smartphone yang dibekali fast charging.

Namun fast charging pun bisa saja bermasalah sehingga menyebabkan pengisian menjadi lebih lama. Jika dibiarkan terus menerus, anda tidak akan menemukan penyebabnya dan bisa jadi justru memperparah kondisi smartphone anda. Karena masalah charging yang lambat sangat berkaitan dengan charger hingga kondisi baterai pada perangkat tersebut.

Jika mengalami kerusakan maka biaya untuk memperbaikinya cukup besar. Terlebih jika smartphone memiliki jenis baterai tanam. Selain sulit memperbaiki, baterai tanam pun sulit didapatkan penggantinya terutama untuk merk-merk yang tidak terlalu populer di Indonesia.

Maka sebelum terlambat jika ponsel dirasa lama dalam mengisi baterai, cobalah antisipasi sedini mungkin. Tips berikut ini bisa menjadi solusi anda dalam mengatasi charging android yang melambat.

Cara Mengatasi HP Lama Penuh Saat di Cas dengan Aktivasi Fast Charging

  1. Cek adaptor dan kabel charger

Lambatnya pengisian bisa disebabkan oleh charger yang mengalami masalah. Masalahnya bisa disebabkan oleh adaptor atau kabelnya. Cobalah gunakan adaptor lain terlebih dulu. Jika masih belum berpengaruh kemungkinan penyebabnya ada pada kabelnya. Gunakan selalu charger yang original agar input daya yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan smartphone.

  1. Periksa sumber pengisian

Charging yang lambat bisa disebabkan karena mengisinya di arus yang tidak stabil. Misalnya powerbank, laptop/PC. Sebaiknya charge smartphone di arus yang stabil untuk mempercepat proses penerimaan arus. Jika memang darurat, anda bisa memanfaatkan power bank. Itu pun dengan daya yang sesuai dengan kebutuhan smartphone. Upayakan mengisi baterai hanya melalui stop kontak agar keawetan baterai pun lebih optimal.

  1. Aktifkan mode pesawat

Jika ingin mempercepat pengisian tanpa mematikan smartphone, mode pesawat bisa menjadi pilihan. Mode pesawat mampu mematikan koneksi nirkabel sehingga konsumsi daya menjadi lebih terpangkas. Sayangnya dengan mode pesawat, anda hanya bisa mendapatkan smartphone tetap menyala tanpa adanya akses internet. Namun cara satu ini tetap menarik untuk mengatasi lambatnya charging.

  1. Matikan smartphone

Mematikan smartphone selama pengisian terbukti lebih mempercepat pengisian sampai penuh. Hal ini disebabkan ketika pengisian hanya fokus ke arus masuk tanpa adanya daya keluar karena hp yang menyala. Selain mempercepat pengisian, mematikan smartphone juga akan membuat baterai lebih tahan lama.

  1. Ganti versi android atau ganti baterai

Versi android yang sudah usang bisa menyebabkan bugs serta tidak kompatibelnya lagi menjalankan berbagai pembaruan. Hal ini bisa menyebabkan lambatnya proses pengisian baterai. Solusinya ganti versi android ke yang terbaru. Jika memang terdapat pembaruan sistem, anda bisa langsung melakukannya. Jika setelah mengganti versi OS ternyata hasilnya masih sama, maka cobalah cek baterai karena kemungkinan besar masalahnya ada di baterainya.

Demikian beberapa cara mudah mengatasi charging hp yang melambat. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment